SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS RUTE ANGKUTAN UMUM MELALUI PENERAPAN GOOGLE MAP API (STUDI KASUS: KOTA CIREBON)

Nana Suarna

Abstract


Transportasi memegang peran kunci dalam menggerakkan roda perekonomian. Informasi mengenai angkutan umum di Kota Cirebon sangatlah minim dan jauh dari sentuhan teknologi, penyebab utama permasalahan masyarakat Kota Cirebon yaitu tidak terlalu minat dengan angkutan umum, menyebabkan pendatang enggan bertanya dengan alasan kepercayaan atau malu dan mengalami kebingungan ketika akan menaik angkot, sehingga terjadi penumpukan kendaraan yang melatarbelakangi kemacetan di jalan pada jam-jam tertentu. Metode yang menjadi dasar dalam perancangan SIG ini adalah melalui pendekatan Google Map Api yang dapat menemukan jalur angkot tercepat di Kota Cirebon dengan menyertakan faktor kecepatan dan waktu tempuh ke tempat tujuan, sehingga sistem informasi geografis yang telah dibuat dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah setempat.Tujuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi pencarian tentang beberapa jalur transportasi angkutan umum, serta dapat menampilkan fasilitas umum seperti Mall, Rumah Sakit, Bank dan masih banyak yang lainnya yang dilewati berada berada di jalur transportasi angkutan umum. Sehingga sistem yang telah dibuat informasinya dapat bermanfaat bagi masyarakat ketika ingin bepergian.

Keywords


sistem informasi geografis (SIG); angkutan umum; google map api

Full Text:

PDF

References


Erna Kharistiani, Eko Aribowo. (2013). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN POTENSI SMA/SMK BERBASIS WEB (Studi Kasus : Kabupaten Kebumen). Jurnal Sarjana Teknik Informatika Volume 1 Nomor 1 .

Permadi, I. G. (2014). Sistem Informasi Geografis Pemetaan TPS di Wilayah Bali Berbasis Web. MERPATI VOL. 2, NO. 1 , 78-90.

R. Soepomo. (2013). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN POTENSI SMA / SMK BERBASIS WEB ( Studi Kasus : Kabupaten Kebumen ). Jurnal Sarjana Teknik Informatika , 712-720.

Sarita Yuniarti Hanum. (2009). SISTEM INFORMASI TRANSPORTASI DAN

JALUR ANGKUTAN KOTA UNTUK PENATAAN RUANG WILAYAH KOTA SEMARANG GUNA MEMBANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN ( STUDI KASUS : BAGIAN WILAYAH KOTA III DAN IV KOTAMADYA DAERAH TINGKAT II SEMARANG ). DINAMIKA INFORMATIKA , 36-46.

Sarita Yuniarti Hanum. (2009). SISTEM INFORMASI TRANSPORTASI DAN JALUR ANGKUTAN KOTA UNTUK PENATAAN RUANG WILAYAH KOTA SEMARANG GUNA MEMBANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN. DINAMIKA INFORMATIKA – Vol I No 1 .




DOI: https://doi.org/10.32627/internal.v1i2.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nana Suarna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal INTERNAL telah terindeks pada :